Saturday, May 12, 2012

HOW to Make the “HOT-PRESS” ?

Making a Heater

Pembuatan pemanas dilakukan dengan mengagabungkan antara kompor Box cooker dan kompor Parabolic/concentrator cooker yang diharapkan memiliki keunggulan, diantaranya adalah temperature yang dihasilkan tidak sepanas kompor parabolic sehingga relatif aman, bentuknya yang flat juga aman bagi mata kita (karena biasanya kompor parabolik memantulkan cahaya matahari yang berbahaya bagi mata), mudah diproduksi dengan teknologi sederhana dan biaya yang murah, serta mudah dibawa dan disimpan. Dalam artikel kali ini akan disuguhkan bagaimana membuat kompor tenaga matahari jenis kombinasi ini. Dengan pola rancangan sebagai berikut.

Dimana sebagai dasar berupa kayu triplek kemudian di lapisi oleh kaca. Setelah disusun pemanas akan tampak seperti gambar disamping. Setelah kompor terangkai dengan sempurna langkah selanjutnya adalah mempersiapkan wadah untuk memanaskan biji nyamplung, pastikan panci yang dijadikan sebagai tempat memanaskan berwarna hitam, karena warna hitam dapat menyerap panas dengan baik. Kemudian untuk mengoptimalkan panas yang terserap dan menghindari panas terbuang, dalam proses memasak sebaiknya digunakan plastik untuk membungkus panci tersebut. Menurut Dr. Steven Jones dari Brigham Young University, agar lebih optimal dalam memasak (memanaskan biji nyamplung) akan lebih baik jika dibuatkan tatakan untuk panci yang akan diletakkan dalam kompor, tatakan dibuat dengan ketinggian 6 cm seperti pada gambar dibawah, dengan maksud untuk mengoptimalkan cahaya matahari yang dipantulkan baik dari atas, samping maupun dari bawah panci.

Making Pressing Machine

Metode pengepresan ini sangat cocok digunakan untuk biji bijian dengan kandungan minyak yang tinggi. Mesin press ini digerakkan secara manual. Pemilihan metode ini disertai pertimbangan yaitu selain harganya relatif murah untuk kalangan masyarakat menengah kebawah juga pengoperasian mesin press ini cukup sederhana dan membutuhkan waktu yang relatif singkat dalam proses pengepressannya. Mesin press manual mempunyai komponen utama yaitu tuas ulir dengan disertai tabung pengepressan, piston penekan, handle, frame, dan tempat penampungan minyak. Dengan sedikit modifikasi penulis bisa menggunakan mesin press tambal ban yang menggunakan prindip tuas putar (ulir), kami hanya menambahkan tabung tempat pengepresan sekaligus terdapat saringan serta tempat penampungan minyak yang di hasilkan, kurang lebih seperti gambar berikut.

Tiap bagian dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kain saring kemudian dimasukkan ke dalam tabung pengepress, setelah bahan telah disiapkan maka ulir mulai diturunkan untuk mengepress bahan. Dengan menggunakan mesin press tersebut untuk 1 kg biji-bijian diperoleh minyak nyamplung sebanyak 0,4 ml.

No comments:

Post a Comment